Analisis Permintaan Pasar

Mata Kuliah : Ekonomi Manajerial
Dosen Pengampu : Diovany Tirtana S.E.,M.M

A.    ANALISA PERMINTAAN “COCA COLA”
1.      Manfaat COCA COLA
a.       Manfaat Ekonomi
Coca-cola adalah minuman ringan berkarbonasi yang dijual di toko, restoran,dan mesin penjual di lebih dari 200 negara. Minuman ringan ini awalnya dijual dengan meletakkan minuman tersebut di dalam guci besar yang diletakkan di tempat-tempat strategis. Namun adanya peningkatan jumlah pembelian menyebabkan penggunaan guci tersebut digantikan dengan kemasan botol yang lebih praktis. Sehingga coca-cola dapat di konsumsi oleh seluruh bangsa di dunia.
b.      Manfaat Sosial
a.       Bagi Pemilik
Dengan melihat peluang ini, kami tengah memperluas portofolio produk kami. Kami berfokus pada kategori dan brand minuman dengan pertumbuha yang kuat. Sebagian besar orang-orang mengonsumsi rata-rata delapan gelas minuman stiap harinya. Banyak juga yang mengonsumsi delapan jenis minuman yang berbeda. Dari seteguk air, teh atau kopi di pagi hari, minuman ringan untuk makan siang. Hingga minuman isotonik setelah berolahraga, dan lainnya. Kami ingin menawarkan beragam produk minuman yang berbeda dari portofolio kami untuk setiap momen tersebut.
b.      Bagi Masyarakat
Dengan adanya produk coca-cola ini, masyarakat dapat lebih mudah untuk memenuhi kebutuhan minuman mereka. Selain itu juga secara tidak langsung dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat yang membutuhkan pekerjaan.
c.       Produk
Produk yang kami tawarkan kepada konsumen ada beberapa brand, seperti:
·         Ades
·         Aquarius
·         Coca-cola
·         Coca-cola zero
·         Coca-cola linght
·         Minute maid pulpy
·         Minute maid nutriboost
·         Minute maid refresh
·         Frestea
·         Sprite
·         Fanta
·         A&W
·         Schweppess



B.     ANALISIS SWOT
Adapun analisis SWOT terhadap bisnis ini adalah sebagai berikut:
1.      Faktor Internal
a.       Strength (kekuatan)
·         Riset dan development yang intensif
·         SDM yang terlatih
·         Harga produk yang kompetitif
·         Keadaan distribusi dan pangsa pasar
·         Harga produk yang kompetitif dan SDM yang besar dan terlatih
·         Sebagai inovator dalam industri soft drink
·         Strategi pemasaran yang baik
·         Kemasan produk yang menarik
·         Loyalitas konsumen
·         Memiliki kepopuleran merk yang tinggi dan dikenal oleh masyarakat sedunia
·         Coca cola memenangkan penghargaan untuk kategori kemasan kaleng dari jenis produk yang paling inovatif dan atraktif.
b.      Weakness (Kelemahan)
·         Inovasi dan ekspansi yang lambat dalam mengatasi pesaing dan memenuhi keinginan pasar
·         Sebagai perusahaan beverage memiliki kontrak eksklusif kepada pepsi company
·         Ketersediaan bahan baku
·         Coca cola hanya berbasis pada kategori minuman dan belum merambah ke sektor lain
·         Biaya produksi yang tinggi
2.      Faktor Eksternal
a.       Opportunity (Peluang)
·         Kestabilan struktur harga dan perkembangan produk
·         Bahan pendukung utama produk coca cola dapat diganti dengan produk yang lain
·         Respon terhadap promosi
·         Pertumbuhan iklan di internet telah meningkat
·         Kerjasama dengan berbagai pihak
·         Semakin meningkatnya pendapatan penjualan PT Coca-cola
·         Pendistribusian produk yang mudah ke berbagai daerah karena luasnya jaringan.
b.      Threat (Ancaman)
·         Tingginya harga bahan mentah
·         Ada banyak minuman subsitusi dari produk minuman yang lain
·         Inovasi AS ke Irak yang mempengaruhi penjualan coca-cola
·         Peningkatan biaya per unit akibat keterbatasan bahan baku
·         Dibeberapa negara seperti india melarang penjualan coca-cola
C.    ANALISIS PERMINTAAN
Analisis permintaan coca-cola yaitu:
a.       Target pasar
Sasaran coca-cola tak lain ialah memberi layanan yang prima dan memuaskan kepada lebih dari 200 juta konsumen melalui sekitar 400.000 pelanggan yang tersebar diseluruh indonesia. Secara geografis coca-cola memiliki target pasar di semua kota-kota besar seluruh dunia. Coca cola membidik pasar remaja global laki-laki dan perempuan berusia 12-24 tahun yang berorientasi pada mode serta berpendidikan. Target pasar coca cola secara psikologi membidik konsumen dengan gaya hidup bebas, humoris, serta menyukai tantangan pada semua level sosial.
b.      Pesaing
Terdapat banyak pesaing produk, akan tetapi disini kreatifitas perusahaan bagaimana cara menarik perhatian konsumen dengan melakukan berbagai jenis iklan tanpa membuat pesaing kita merasa tidak senang dengan tindakan tersebut. Dan dengan menciptakan persaingan secara sehat tanpa menjatuhkan satu sama lain dan mentaati peraturan undang-undang yang sudah ditentukan.
c.       Sasaran pembeli
Mencakup semua kalangan masyarakat, baik kalangan bawah,dan kalangan atas. Dari semua kalangan tersebut mampu membeli produk yang kami tawarkan dengan harga 35.000, 15.000 dan 7000.
D.    STRATEGI PEMASARAN
Adapun strategi pemasaran yang dilakukan adalah:
a.       Program promosi
Mereka mempunyai program promosi yang beragam, yang tidak hanya untuk menngkatkan penjualan dan pemasaran, tetapi juga meningkatkan loyalitas konsumen terhadap produk.
b.      Layanan konsumen
Di coca-cola, customer service system, sistem pelayanan pelanggan, didesain untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen secara terus-menerus terhadap produk coca-cola dengan menyediakan pelayanan berdasarkan kebutuhan mereka masinh-masing.
c.       Area Marketing Contractor
Terbatasnya sumber daya dan kemampuan untuk melakukan pengembangan daerah tertentu, sekaligus komitmen untuk menciptakan peluang kerja yabg luas di sektor informasi, mendorong coca-cola untuk secara serius dan berkesinambungan mengembangkan jaringan distribusi tak langsung berbasis usaha kecil dan menengah.
d.      Layanan produk pendingin
Riset membuktikan bahwa 90% konsumen coca-cola lebih menyukai membeli produk dalam keadaan dingin. Hal ini menunjukkan bahwa peranan cold drink equipment sangat penting dalam meningkatkan pertumbuhan penjualan dan mendorong tingkat keuntungan para pelanggan.
e.       Horeca
Dengan bekerjasama dengan berbagai hotel, restaurant, dan cafe ternama, coca-cola memberikan beragam penawaran menarik melalui program horeca ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

STIE TOTALWIN SEMARANG