Analisis Permintaan Pasar
Mata Kuliah : Ekonomi Manajerial
Dosen Pengampu : Diovany Tirtana S.E.,M.M
A. ANALISA PERMINTAAN “COCA COLA”
1. Manfaat COCA COLA
a. Manfaat
Ekonomi
Coca-cola
adalah minuman ringan berkarbonasi yang dijual di toko, restoran,dan mesin
penjual di lebih dari 200 negara. Minuman ringan ini awalnya dijual dengan
meletakkan minuman tersebut di dalam guci besar yang diletakkan di
tempat-tempat strategis. Namun adanya peningkatan jumlah pembelian menyebabkan
penggunaan guci tersebut digantikan dengan kemasan botol yang lebih praktis.
Sehingga coca-cola dapat di konsumsi oleh seluruh bangsa di dunia.
b. Manfaat
Sosial
a. Bagi
Pemilik
Dengan
melihat peluang ini, kami tengah memperluas portofolio produk kami. Kami
berfokus pada kategori dan brand minuman dengan pertumbuha yang kuat. Sebagian
besar orang-orang mengonsumsi rata-rata delapan gelas minuman stiap harinya.
Banyak juga yang mengonsumsi delapan jenis minuman yang berbeda. Dari seteguk
air, teh atau kopi di pagi hari, minuman ringan untuk makan siang. Hingga
minuman isotonik setelah berolahraga, dan lainnya. Kami ingin menawarkan
beragam produk minuman yang berbeda dari portofolio kami untuk setiap momen
tersebut.
b. Bagi
Masyarakat
Dengan
adanya produk coca-cola ini, masyarakat dapat lebih mudah untuk memenuhi
kebutuhan minuman mereka. Selain itu juga secara tidak langsung dapat membuka
lapangan kerja bagi masyarakat yang membutuhkan pekerjaan.
c. Produk
Produk
yang kami tawarkan kepada konsumen ada beberapa brand, seperti:
·
Ades
·
Aquarius
·
Coca-cola
·
Coca-cola zero
·
Coca-cola linght
·
Minute maid
pulpy
·
Minute maid
nutriboost
·
Minute maid
refresh
·
Frestea
·
Sprite
·
Fanta
·
A&W
·
Schweppess
B. ANALISIS SWOT
Adapun analisis SWOT terhadap
bisnis ini adalah sebagai berikut:
1. Faktor
Internal
a. Strength
(kekuatan)
·
Riset dan
development yang intensif
·
SDM yang
terlatih
·
Harga produk
yang kompetitif
·
Keadaan
distribusi dan pangsa pasar
·
Harga produk
yang kompetitif dan SDM yang besar dan terlatih
·
Sebagai inovator
dalam industri soft drink
·
Strategi
pemasaran yang baik
·
Kemasan produk
yang menarik
·
Loyalitas
konsumen
·
Memiliki kepopuleran
merk yang tinggi dan dikenal oleh masyarakat sedunia
·
Coca cola
memenangkan penghargaan untuk kategori kemasan kaleng dari jenis produk yang
paling inovatif dan atraktif.
b. Weakness
(Kelemahan)
·
Inovasi dan
ekspansi yang lambat dalam mengatasi pesaing dan memenuhi keinginan pasar
·
Sebagai
perusahaan beverage memiliki kontrak eksklusif kepada pepsi company
·
Ketersediaan
bahan baku
·
Coca cola hanya
berbasis pada kategori minuman dan belum merambah ke sektor lain
·
Biaya produksi
yang tinggi
2. Faktor
Eksternal
a. Opportunity
(Peluang)
·
Kestabilan
struktur harga dan perkembangan produk
·
Bahan pendukung
utama produk coca cola dapat diganti dengan produk yang lain
·
Respon terhadap
promosi
·
Pertumbuhan
iklan di internet telah meningkat
·
Kerjasama dengan
berbagai pihak
·
Semakin
meningkatnya pendapatan penjualan PT Coca-cola
·
Pendistribusian
produk yang mudah ke berbagai daerah karena luasnya jaringan.
b. Threat
(Ancaman)
·
Tingginya harga
bahan mentah
·
Ada banyak
minuman subsitusi dari produk minuman yang lain
·
Inovasi AS ke
Irak yang mempengaruhi penjualan coca-cola
·
Peningkatan
biaya per unit akibat keterbatasan bahan baku
·
Dibeberapa
negara seperti india melarang penjualan coca-cola
C. ANALISIS PERMINTAAN
Analisis permintaan coca-cola
yaitu:
a. Target
pasar
Sasaran
coca-cola tak lain ialah memberi layanan yang prima dan memuaskan kepada lebih
dari 200 juta konsumen melalui sekitar 400.000 pelanggan yang tersebar
diseluruh indonesia. Secara geografis coca-cola memiliki target pasar di semua
kota-kota besar seluruh dunia. Coca cola membidik pasar remaja global laki-laki
dan perempuan berusia 12-24 tahun yang berorientasi pada mode serta
berpendidikan. Target pasar coca cola secara psikologi membidik konsumen dengan
gaya hidup bebas, humoris, serta menyukai tantangan pada semua level sosial.
b. Pesaing
Terdapat
banyak pesaing produk, akan tetapi disini kreatifitas perusahaan bagaimana cara
menarik perhatian konsumen dengan melakukan berbagai jenis iklan tanpa membuat
pesaing kita merasa tidak senang dengan tindakan tersebut. Dan dengan menciptakan
persaingan secara sehat tanpa menjatuhkan satu sama lain dan mentaati peraturan
undang-undang yang sudah ditentukan.
c. Sasaran
pembeli
Mencakup
semua kalangan masyarakat, baik kalangan bawah,dan kalangan atas. Dari semua
kalangan tersebut mampu membeli produk yang kami tawarkan dengan harga 35.000,
15.000 dan 7000.
D. STRATEGI PEMASARAN
Adapun strategi pemasaran yang
dilakukan adalah:
a. Program
promosi
Mereka
mempunyai program promosi yang beragam, yang tidak hanya untuk menngkatkan
penjualan dan pemasaran, tetapi juga meningkatkan loyalitas konsumen terhadap
produk.
b. Layanan
konsumen
Di
coca-cola, customer service system, sistem pelayanan pelanggan, didesain untuk
meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen secara terus-menerus terhadap
produk coca-cola dengan menyediakan pelayanan berdasarkan kebutuhan mereka
masinh-masing.
c. Area
Marketing Contractor
Terbatasnya
sumber daya dan kemampuan untuk melakukan pengembangan daerah tertentu,
sekaligus komitmen untuk menciptakan peluang kerja yabg luas di sektor
informasi, mendorong coca-cola untuk secara serius dan berkesinambungan
mengembangkan jaringan distribusi tak langsung berbasis usaha kecil dan
menengah.
d. Layanan
produk pendingin
Riset
membuktikan bahwa 90% konsumen coca-cola lebih menyukai membeli produk dalam
keadaan dingin. Hal ini menunjukkan bahwa peranan cold drink equipment sangat
penting dalam meningkatkan pertumbuhan penjualan dan mendorong tingkat
keuntungan para pelanggan.
e. Horeca
Dengan
bekerjasama dengan berbagai hotel, restaurant, dan cafe ternama, coca-cola
memberikan beragam penawaran menarik melalui program horeca ini.
Komentar
Posting Komentar